Topik 14 RPP Menyimak

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENYIMAK

 

Faiza Nurrahmah (20016013)

Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah

FBS Universitas Negeri Padang

Pos-el: faizaa.nrrahmah@gmail.com

 


PENDAHULUAN

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan suatu dokumen yang sering dibicaran dalam dunia pendidikan. Sebagaimana ditegaskan dalam PP nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 20 bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dijabarkan dari silabus, dan merupakan skenario proses pembelajaran untuk mengarahkan kegiatan belajar siswa dalam upaya mencapai KD. Di dalam RPP tercermin kegiatan yang harus dilakukan guru dan siswa untuk mencapai kompetensi dasar. Dalam laporan bacaan ini, penulis akan menjabarkan bagian-bagian tersebut serta contoh dari RPP Menyimak.

 

PEMBAHASAN

RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dalam Pedoman Umum Pembelajaran Kurikulum  2013 ​​disebutkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana pembelajaran secara rinci yang diambil dari tema atau materi tertentu.Tema mengacu pada silabus yang dirancang untuk memandu kegiatan belajar siswa agar tercapai kompetensi yang diharapkan. Secara umum, RPP terdiri atas unsur-unsur berikut.

 

Identitas RPP

Identitas RPP merupakan bagian yang terdiri atas nama sekolah, mata pelajaran, kelas dan semester, serta alokasi waktu belajar. Bagian ini diletakkan di bagian paling atas rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat.

Standar Kompetensi

Standar kompetensi merupakan persyaratan minimal kemampuan peserta didik yang menggambarkan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dicapai untuk setiap mata pelajaran atau mata kuliah tertentu pada setiap semester.

Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar adalah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik pada mata pelajaran atau mata kuliah tertentu dan menjadi acuan bagi penyusun indikator kompetensi.

Indikator Pelajaran

Indikator yang dimaksudkan adalah indikator pencapaian kompetensi. Indikator pencapaian kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/ atau diamati serta menunjukkan beberapa pencapaian kompetensi dasar. Indikator adalah karakteristik atau tanda yang menunjukkan bahwa siswa telah menguasai kompetensi dasar. Indikator ini dirumuskan dengan kata kerja operasional yang dapat mengamati dan mengukur pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik.

Tujuan Pelajaran

Tujuan pembelajaran adalah hasil capaian pesrta didik. Diharapkan semua peserta didik dapat memenuhi hasil capaian tersebut.

Materi Pelajaran Menyimak

Materi pelajaran merupakan bahan yang akan dibahas berupa konsep, data atau fakta, terkait prinsip dan prosedur, dan dituliskan di poin yang sesuai dengan pengembangan indikator.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran merupakan salah satu strategi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Peserta didik harus mencapai kompetensi dasar atau sederet indikator yang sudah dirumuskan. Pemilihan metode pembelajaran dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa dan karakteristik kemampuan dasar yang harus diwujudkan di masing-masing materi pelajaran.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran merupakan proses pembelajaran peserta didik untuk mencapai kompetensi dasar. Kegiatan pembelajaran terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup yang disesuaikan dengan alokasi waktu yang ada.

Media dan Sumber Belajar

Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator. Perlu diperhatikan jug agar media dan sumber belajar dapat dijangkau dengan mudah oleh peserta didik agar tidak menyulitkan saat pembelajaran nantinya.

Penilaian

Bagian penilaian terdiri atas prosedur dan instrumen. Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar dapat disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu pada standar penilaian.

Tanda Tangan

Bagian ini merupakan penanda bahwa rencana pembelajaran yang dibuat telah disahkan dan dapat digunakan pendidik untuk belajar. Pihak-pihak yang menandatangani rencana pelaksanaan pembelajaran adalah pembuat RPP atau guru pengampu, ketua jurusan, dan kepala sekolah. Pihak ini sifatnya tidak mutlak dan dapat disesuaikan dengan kondisi yang adal di lingkungan pendidikan masing-masing.

 

RPP Menyimak

Pada dasarnya, rencana pelaksanaan pembelajaran menyimak sama saja seperti RPP materi yang lainnya. Namun, pada bagian-bagian tertentu seperti metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan sumber pembelajaran perlu disesuaikan dengan kebutuhan materi menyimak. Berikut merupakan RPP menyimak yang saya buat dengan materi menyimak dongeng Kancil dan Buaya untuk siswa kelas 2 sekolah dasar.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : SD Negeri Atas Langit

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : 2A / I

Alokasi waktu : 2 x 35 menit

 

A.     Standar Kompetensi

Memahami wacan lisan sastra dan non-sastra dalam kerangka budaya Jawa

 

B. Kompetensi Dasar

·         Memahami dongeng yang dibacakan atau melalui berbagai media

 

C. Indikator

·         Menyebutkan nama-nama tokoh dalam dongeng “Kancil dan Buaya”

·         Menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam dongeng “Kancil dan Buaya”

·         Menentukan pesan moral dalam dongeng “Kancil dan Buaya”

·         Menuliskan kembali dongeng “Kancil dan Buaya” dengan bahasa sendiri

 

D. Tujuan

 Setelah mendengarkan dongeng dari guru, diharapkan siswa dapat:

·         Menyebutkan nama-nama tokoh dalam dongeng “Kancil dan Buaya”

·         Menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam dongeng “Kancil dan Buaya”

·         Menentukan pesan moral dalam dongeng “Kancil dan Buaya”

·         Menuliskan kembali dongeng “Kancil dan Buaya” dengan bahasa sendiri

 

E. Materi Pembelajaran

Dongeng “Kancil dan Buaya”

 

F. Metode Pembelajaran

Ceramah, latihan, penugasan, demonstrasi.

 

G. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

·         Mengondisikan siswa untuk siap mengikuti pembelajaran.

·         Guru menyapa siswa dengan salam

·         Guru mengajak siswa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing dengan dipimpin oleh salah satu siswa

·         Guru menanyakan kabar siswa dan kehadiran siswa

·         Guru mengadakan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan “ Dongeng apa saja yang kamu ketahui?, sebutkan judulnya!”

·         Guru memotivasi siswa dengan mengatakan bahwa hari ini para siswa akan dibacakan dongeng yang menarik.

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.

5 menit

Inti

Eksplorasi

·         Guru mempersiapkan peralatan untuk mendongeng

·         Guru mengondisikan siswa untuk tenang sebelum mulai mendongeng

 

Elaborasi

·         Siswa menyimak dongeng dari guru yang berjudul “Kancil dan Buaya”.

·         Guru dan siswa mengadakan tanya jawab tentang isi dongeng.

·         Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru tentang isi dongeng.

·         Siswa berlatih untuk menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam dongeng.

·         Siswa diminta untuk menyampaikan pesan moral dari dongeng tersebut sesuai dengan bahasa mereka sendiri.

 

Konfirmasi

·         Siswa dan guru menyimpulkan amanat/ pesan moral dari dongeng tersebut 50 menit

·         Siswa diberi kesempatan untuk bertanya.

·         Siswa diminta untuk menuliskan kembali dongeng “Kancil dan Buaya” dengan bahasanya sendiri

·         Siswa diminta untuk membacakan dongeng yang telah mereka tulis

50 Menit

Penutup

·         Guru bersama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar yang telah dipelajari.

·         Guru melakukan penilaian hasil belajar berupa evaluasi tertulis.

·          Guru mengajak semua siswa berdoa menurut kepercayaan dan keyakinan masing-masing yang dipimpin salah satu siswa.

15 Menit

 

H. Media dan Sumber Belajar

·         Media: wayang/gambar tokoh dalam dongeng (Kancil dan Buaya)

·         Sumber:

o   Hayono, dkk. 2011. Bahasa Indonesia Dasar Kelas II SD/MI. Yogyakarta : Yudhistira.

o   Kumpulan Dongeng Bahasa Indonesia “Kancil dan Buaya”

 

I. Penilaian

1. Prosedur penilaian

a.       Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.

b.      Penilaian hasil belajar menggunakan tes lisan dan tertulis

2. Instrumen Penilaian

a.       Penilaian proses pada saat siswa menyimak dongeng

b.      Penilaian hasil belajar dilakukan dengan memberikan soal kepada siswa

3. Lembar penilaian

Terlampir

 

 

 

 

Mengetahui

Wali Kelas

 

 

 

XXXXXXX

NIP.

Jambi, 15 Desember 2020

Praktikkan

 

 

 

Faiza Nurrahmah

NIM. 20016013

 

 

Dosen Kepala Sekolah

 

 

 

 

XXXXXXXXXX

NIP.

 

 

PENUTUP

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembauatan RPP menyimak sebenarnya tidak memiliki perbedaan dengan RPP pada umunya. Dalam pembuatannya, pendidik atau penyusun RPP perlu mengetahui terlebih dahulu karakteristik yang dimiliki siswanya agar dapat menyesuaikan metode dan kegiatan pemabalajaran nantinya.

DAFTAR PUSTAKA

Hayono, dkk. 2011. Bahasa Indonesia Dasar Kelas II SD/MI. Yogyakarta : Yudhistira.

Kemdikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemdikbud.

  

Comments