Topik 12 Pelatihan Menyimak

PELATIHAN MENYIMAK

Faiza Nurrahmah (20016013)

Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni

Universitas Negeri Padang

 

PENDAHULUAN

Perubahan kurikulum seringkali berdampak pada dunia pendidikan kita. Mata pelajaran Bahasa Indonesia yang saat ini digunakan adalah Mata Kuliah Tingkat Satuan Pendidikan" atau sebagai KTSP. Dalam sepuluh tahun terakhir, dunia pendidikan kita telah berubah lima kali. Perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan kurikulum sebelumnya. Meski sudah beberapa kali berubah, namun tujuan akhirnya tidak berubah secara signifikan yaitu  untuk meningkatkan keterampilan dalam penggunaan bahasa, termasuk keterampilan dalam menyimak. Untuk menjawab persoalan tersebut, maka dalam laporan baca ini, penulis akan membahas mengenai Pelatihan Menyimak yang nantinya dapat diterapkan oleh Guru Bahasa Indonesia.

PEMBAHASAN

Teknik Latihan Menyimak

Meskipun keterampilan menyimak dapat seseorang peroleh dari proses pemerolehan bahasa, untuk meningkatkan keterampilan ini perlulah melalui latihan-latihan. Dalam latihan menyimak pun juga telah disiapkan cara-cara khusus, salah satunya adalah dengan memilih teknik latihan menyimak yang susuai dengan kondisi kelas. Menurut Suryani (2015), berikut merupakan teknik-teknik yang dapat diterapkan guru dan siswa untuk meningkatkan keterampilan menyimak.

1.      Teknik Dengar – Ucap

Pada teknik ini, pendidik perlu mengucapkan sesuatu di depan kelas lalu menyuruh para siswa untuk mengucapkan hal yang sama dengan apa yang guru ucapkan. Perlahan-lahan kecepatan guru dalam mengucap dapat ditambah agar fokus pada siswa menjadi meningkat.

2.      Teknik Dengar – Terka

Pada teknik ini, pendidik diperkenankan kepada siswa untuk memperdengarkan suatu, lalu siswa diminta untuk menutup mata sehingga mereka harus fokus menerka bunyi yang mereka dengar saat mata tertutup itu.

3.      Teknik Dengar – Jawab

Teknik yang satu ini paling sering kita temukan saat kuis. Biasanya seorang guru akan membacakan sebuah soal, lalu setelah soal selesai dibacakan, siswa dapat menjawab pertanyaan terbut dengan cepat.

4.      Teknik Dengar – Tanya

Teknik dengar-tanya merupakan kebalikan pada teknik sebelumnya. Pada teknik ini, yang membacakan jawaban adalah guru dan siswa yang akan mengungkapkan pertanyaannya.

5.      Teknik Dengar – Sanggah

Teknik ini dapat diterapkan saat diskusi siswa dengan temannya yang dapat memberikan interupsi saat temannya tampil di depan.

6.      Teknik Dengar-Cerita

Pada tahap ini diperlukan juga keterampilan berbicara pada siswa karena setelah guru mengatakan sesuatu, maka siswa diminta untuk menceritakan kembali sesuatu itu.

7.      Teknik Dengar-Suruh

Apabila sebelumnya feedback dari siswa adalah bercerita,pada teknik yang satu ini, guru dapat memberikan arahan berupa suruhan kepada siswa.

8.      Teknik Dengar-Larang

Pada teknik ini guru memperdengarkan sesuatu, kemudian siswa mengucapkan larangan terhadap apa yang didengarnya tersebut.

9.      Teknik Dengar-Teriak

Pada teknik ini guru memperdengarkan sesuatu, kemudian siswa berteriak.

10.  Teknik Dengar-Setuju

Pada teknik ini guru memperdengarkan sesuatu, kemudian siswa mengucapkan tanda persetujuannya.

11.  Teknik Bisik-Berantai

Pada teknik ini guru memperdengarkan sesuatu, kemudian siswa membisikkan yang didengarnya kepada temannya yang lain, demikian seterusnya (lima kali bisikan). Siswa yang menerima bisikan terakhir mengucapkan dengan lantang apa yang dibisikkan dengannya. Pemahaman siswa terhadap siswa bisikan dan kemampuannya membisikkan sangat menentukan kebenaran ucapan penerima bisikan terakhir.

12.  Teknik Dengar - Tulis (Dikte)

Pada teknik ini guru memperdengarkan huruf, kata, istilah, kalimat, peribahasa, kata mutiara, semboyan, ungkapan, dan lain-lain, kemudian siswa menuliskan apa yang didengarnya tersebut.

13.  Teknik Dengar-Isi

Pada teknik ini guru memperdengarkan/membacakan satu wacana dengan teknik rumpang, kemudian siswa menuliskan kalimat, atau hal-hal yang rumpang guru tersebut.

14.  Teknik Dengar-Salin

Pada teknik ini guru memperdengarkan, kemudian siswa menyalin yang didengarnya tersebut.

15.  Teknik Dengar-Rangkum

Pada teknik ini guru memperdengarkan sesuatu, kemudian siswa menulis rangkuman yang didengarnya tersebut.

16.  Teknik Dengar-Peringatan

Pada teknik ini guru memperdengarkan sesuatu, kemudian siswa mengucapkan peringatan-peringatan sesuai dengan apa yang didengarnya.

17.  Teknik Dengar-Ubah

Pada teknik ini guru memperdengarkan sesuatu, kemudian siswa mengubah yang didengarnya sesuai dengan anjuran.

18.  Teknik Dengar-Lengkapi

Pada teknik ini guru memperdengarkan sesuatu yang belum lengkap, kemudian siswa mengucapkan pernyataan yang belum lengkap tersebut.

19.  Teknik Dengar-Kerjakan

Pada teknik ini guru memperdengarkan sesuatu perintah, kemudian siswa mengerjakan sesuatu sesuai dengan apa yang didengarnya. 

20.  Teknik Dengar-Kata Angel

Pada teknik ini guru mendengarkan sesuatu (apa yang dikatakan Angel), kemudian siswa bereaksi terhadap apa yang didengarnya, Jika reaksi siswa salah, ia akan mendapatkan hukuman, jika benar ia akan mendapatkan hadiah.

21.  Teknik Dengar-Temukan Benda

Pada teknik ini guru memperdengarkan perintah untuk mencari sesuatu kemudian siswa mencari sesuatu itu sampai ketemu.

Berbagai teknik pembelajaran keterampilan di atas perlu mempertimbangkan pemahaman dan reaksi siswa. Apakah tanggapan siswa terhadap apa yang mereka dengar (suara, tulisan, perilaku, dan lain-lain.) Sudah sesuai tergantung sebagian besar pada pemahaman mereka tentang apa yang mereka dengar.

Bentuk Latihan Menyimak

Menurut Basri (2016), bentuk-bentuk latihan menyimak yang dapat dilakukan oleh guru dan siswa adalah sebagai berikut.

1.      Bentuk perangkat kata yang berdiri sendiri

Contoh:

a.       membedakan  bunyi bahasa

b.      kata yang hampir sama bunyinya

c.       kata yang mengacu pada referen yang berbeda

Latihan pertama, guru mengucapkan:

a.       bodo – bodoh

b.      baku – bakul

c.       pola – polah

d.      syah – sah

Tugas siswa adalah menentukan pengucapan guru sama atau  beda dan menyebutkan maknanya

Latihan kedua, guru mengucapkan:

a.       laci – buku – katalog – rak – pengunjung, jawabannya toko buku.

b.      kertas – tinta – gambar – sampul – bab, jawabannya buku.

c.       gambar – bersinar – bunyi – hiburan – penonton, jawabannya bioskop.

2.      Bentuk pernyataan dan pertanyaan

a.       Bentuk matematika sederhana, guru mengucapkan pernyataan dan siswa membaca dan menentukan jawaban pada lembar jawaban.

-          Pertandingan itu dimulai pukul 4.15, tetapi Ali terlambat datang setengah jam, jawabannya Ali datang pukul 4.45.

-          Sebagai akuntan, gaji Amir Rp1.500.000 per bulan, jawabannya Gaji Amir 4 bulan sebesar Rp6.000.000.

-          Amat membeli 33 buah mangga. Namun busuk sepertiganya, jawabannya mangga yang baik berjumlah 22 buah.

b.      Bentuk pasangan minimal, menentukan makna kata yang mirip, guru mengucapkan pernyataan dan siswa membaca dan menentukan jawaban pada lembar jawaban.

-          Saya kira saya memerlukan palu, bukan paku

-          Saya tidak mengatakan bahwa soal ini sukar, tetapi suka

-          Ayah pulang membawa karang. bukan parang

Selain dua latihan di atas, menurut Nursaid (ada sembilan macam latihan lainnya, yaitu:

1.      Bentuk sinonim

2.      Bentuk pernyataan negative

3.      Bentuk referensi

4.      Bentuk perbandingan

5.      Bentuk kalimat bersyarat

6.      Bentuk pernyataan membingungkan

7.      Bentuk pengucapan yang salah

8.      Bentuk penggunaan kata yang salah

9.      Bentuk peristiwa kronologis

3.      Bentuk percakapan sederhana

Melatih kepekaan siswa dalam memahami makna bahan simakan.

Contoh: percakapan langsung

Guru memutar rekaman percakapan.

suara 1:   Bagiku sungguh tidak menyenangkan, bosan karena tidak ada

kegiatan yang menarik. Bagaimana dengan kau, Marni?

suara 2:   Oh, sangat menyenangkan. Pertama, aku pergi melihat

Disney Land di Tokyo, kemudian belanja di Oklahoma, sesudah itu mengunjungi Kuil Perak lewat pegunungan Koyushi.

suara 3:   Apakah topik pembicaraan diatas?

suara 4:   Ke manakah Marni pergi setelah berbelanja di Oklahoma?

Siswa menyimak, membaca, dan menentukan jawaban di lembar latihan

Latihan ini ada 4 macam, yaitu:

a.       Percakapan langsung

b.      Matematika sederhana

c.       Percakapan tempat, dan

d.      Percakapan berimplikasi

4.      Bentuk latihan uraian kompleks

-          siswa memahami kata tanya 5W + 1H (what, where, when, why, who, dan how) dalam menyimak

-          bentuk percakapan meliputi, ceramah, perkuliahan, dan diskusi.

Bentuk latihan uraian kompleks ini ada 7 macam, yaitu:

1.      Bentuk percakapan berjarak (telepon)

2.      Diskusi kelas

3.      Bentuk iklan dan pengumuman

4.      Bentuk siaran berita

5.      Bentuk perkiraan cuaca

6.      Penyampaian informasi umum, dan

7.      Pernyataan akademik

 

 

PENUTUP

Menyimak merupakan aktivitas bahasa tertinggi yang digunakan manusia, hal ini didasarkan karena keterampilan menyimak merupakan dasar dari kegiatan berbahasa yang menentukan kemampuan berbahasa selanjutnya. Untuk dapat menyimak dengan mahir, banyak faktor yang memengaruhinya, antara lain faktor internal dan eksternal. Ini berarti bahwa manusia tidak dapat memperoleh keterampilan mendengarkan secara spontan. Pelatihan menyimak adalah salah satu cara seseorang agar dapat meningkatkan keterampilan. Guru dan model pembelajaran serta penilaian berkualitas pada akhirnya akan menghasilkan penyimak yang berkualitas pula.

DAFTAR PUSTAKA

Basri, Irfani. 2016. Keterampilan Menyimak Seri Kemahiran Berbahasa. Padang: SUKABINA Press.

Nursaid. 2001. Pengajaran Keterampilan Menyimak. Padang: Jurusan Pendidikan Bahasa  dan Sastra Indonesia, FBSS UNP.

Suryani, Ida. 2015. ” Memilih Metode Yang Tepat dalam Pembelajaran Mendengarkan (Menyimak) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia”. http://repository.unib.ac.id/11137/1/30-Ida%20Suryani%20M.pdf. (diakses pada 6 Desember 2020).

 

Comments

  1. 1xbet korean online casinos - legalbet.co.kr
    【 Betting Sites】⚡ Online Gambling, eSports 바카라 사이트 【 Sportsbook】⭐ Betting 1xbet korean Online ⚡ Online Betting at 【 Online Casinos】⭐ Online Casino⚡. 온카지노

    ReplyDelete

Post a Comment